Sleman (03/09/2025) – Perpustakaan Nasional RI melalui P3SMPT menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Kegiatan ini diikuti 109 peserta dari perpustakaan sekolah/madrasah, perguruan tinggi, serta desa/kelurahan penerima bantuan buku bermutu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Drs. Susmiarto, M.M., hadir memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta. Susmiarto menegaskan pentingnya peningkatan layanan, kompetensi pustakawan, dan kolaborasi lintas sektor agar perpustakaan menjadi pusat literasi dan pemberdayaan masyarakat. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Dra. Shavitri Nurmala Dewi, M.A., turut menekankan kemitraan antara perpustakaan desa, sekolah, dan perguruan tinggi untuk memperkuat budaya baca serta pengembangan ilmu pengetahuan.

Acara dibuka secara resmi oleh Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Deine Pangalila, S.Sos., M.Si., menegaskan tentang pentingnya kolaborasi lintas perpustakaan. “kolaborasi antar perpustakaan menjadi kunci menghadirkan pusat pengetahuan dan ruang belajar bersama guna membangun SDM unggul. Kegiatan penguatan dan pemberdayaan ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat peran perpustakaan sekolah, desa, dan perguruan tinggi di Sleman untuk mendukung ekosistem literasi yang berkelanjutan.” ungkapnya.

Asep Saeful Rohman, S.Sos., M.I.Kom., hadir sebagai narasumber, berbagi pengetahuan tentang strategi membangun kolaborasi dan sinergi antar perpustakaan untuk mewujudkan program dan kegiatan yang berdampak nyata bagi penguatan literasi masyarakat dan pendidikan.

Melalui kegiatan ini, Perpusnas RI menghadirkan wadah pembinaan, ruang diskusi, serta penyusunan rencana aksi bersama lintas jenis perpustakaan. Dengan semangat kolaboratif, kegiatan ini menjadi salah satu tonggak penting dalam mendorong transformasi perpustakaan menuju Indonesia Emas 2045.

Perpustakaan Hadir demi Martabat Bangsa!
Salam Literasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *