Deli Serdang (25/09/2025) – Perpustakaan Nasional RI melalui P3SMPT menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Wilayah Kabupaten Deli Serdang bertempat di Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang. Sejumlah 109 orang peserta hadir dalam kegiatan, terdiri dari pustakawan sekolah/madrasah, perguruan tinggi, dan perpustakaan desa/kelurahan penerima bantuan buku bermutu.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang, Muhammad Salim, SP., M.Si., mengapresiasi kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI. “Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi bersama kami,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Deli Serdang, Drs. Zainal Abidin Hutagalung, M.AP., menyatakan dukungan terhadap kegiatan ini dan berharap terjalin komunikasi serta kolaborasi yang lebih kuat antarperpustakaan demi mewujudkan visi Deli Serdang.

Saat membuka kegiatan, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI, Drs. Abdullah, M.M., menegaskan pentingnya literasi. “Visi Deli Serdang tidak mungkin tercapai tanpa literasi yang kuat di tengah masyarakat. Karena itu, mari kita manfaatkan ilmu yang disampaikan para narasumber secara optimal,” tegasnya.

Narasumber kegiatan, Nurmaya Prahatmaja, S.Sos., M.A., menekankan pentingnya sinergi antarperpustakaan melalui komunikasi efektif, penyamaan persepsi, dan pembangunan jejaring. Ia meyakini komunikasi dialogis dan partisipatif akan melahirkan kolaborasi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat serta memperkuat literasi.

Melalui kegiatan ini, Perpusnas RI menyediakan wadah pembinaan, ruang diskusi, dan penyusunan rencana aksi bersama lintas jenis perpustakaan. Dengan semangat kolaboratif, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam mendorong transformasi perpustakaan menuju Indonesia Emas 2045.

Perpustakaan Hadir demi Martabat Bangsa!
Salam Literasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *