Garut (30/09/2025) – Perpustakaan Nasional RI melalui P3SMPT menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi di Balai Diklat Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Garut. Acara diikuti oleh 109 peserta, terdiri atas pustakawan sekolah/madrasah, perguruan tinggi, serta perpustakaan desa/kelurahan dan TBM penerima bantuan buku bermutu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, H. Totong, S.Pd., M.Si., menegaskan perlunya sinergi antarperpustakaan yang selama ini cenderung berjalan sendiri dengan sumber daya terbatas. Menurutnya, kolaborasi dapat menghadirkan layanan lebih berkualitas sekaligus membangun ekosistem literasi yang inklusif dan berkelanjutan. “Jadikan kegiatan ini sebagai ruang belajar dan berbagi praktik baik, bangun jejaring kerja sama lintas lembaga secara konkret, serta kembangkan ide-ide inovatif yang sesuai dengan kebutuhan lokal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpusnas RI, Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom., M.Eng.Sc., secara resmi membuka acara. Ia menegaskan bahwa perpustakaan tidak hanya hadir untuk mendukung program semata, tetapi juga memiliki peran strategis dalam menjaga harkat dan martabat bangsa. “Harkat dan martabat bangsa adalah sesuatu yang nilainya sangat ideal, bahkan melebihi tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945,” tegasnya.

Narasumber kegiatan, Andri Yanto, S.Sos., M. I. Kom., menegaskan bahwa penguatan hubungan antara perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, maupun desa membutuhkan komunikasi yang terbuka serta partisipasi aktif.

Melalui kegiatan ini, Perpusnas RI menghadirkan wadah pembinaan, ruang diskusi, serta penyusunan rencana aksi bersama lintas jenis perpustakaan. Dengan semangat kolaboratif, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam mendorong transformasi perpustakaan menuju Indonesia Emas 2045.

Perpustakaan Hadir demi Martabat Bangsa!
Salam Literasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *